REFORMASI BANK DUNIA MENHADAPI TANTANGAN BARU AKSES INFORMASI

Bank dunia merupakan institusi keuangan internasional yang merupakan sumber keuangan terbesar bagi Negara berkembang, berdiri sejak tahun 1944 bersamaan dengan berdirinya IMF dan perlu diketahui bahwa bank dunia adalah bank pembangunan bukan bank komersil. Bank dunia memberikan layanan pinjaman, jaminan investasi, konsultasi, layanan pengetahuan, kepemimpinan global untuk solusi pembangunan. Bank dunia memiliki kebijakan akses informasi dimana data – data yang dimiliki bank dunia bebas diakses, mudah digunakan, diinformasikan ke lain pihak dan mudah ditemukan. Kebijakan keterbukaan informasi dilakukan oleh bank dunia sejak 1985 dengan mengalami beberapa kali revisi. Bank dunia mengambil kebijakan akses informasi terbuka disebabkan karena penyesuaia terhadap tuntutan perubahan antara lain meningkatkan transparasi, akuntabilitas, tata kelola kepemerintahan yang baik, berbagi pengetahuan global bank dunia, memperkuat rasa kepemilikan public terhadap program bank dunia. Semua informasi yang berada pada bank dunia bias diakses oleh umum kecuali 10 data yang tidak bias diakses, yaitu :

  1. Informasi pribadi pegawai, presiden bank dunia, direktur eksekutif, direktur pengganti dan penasehat senior. Contoh: jejak rekam pegawai, informasi medis, email pribadi, hasil dari mekanisme resolusi konflik internal bank dunia, proses pengangkatan dan seleksi pegawai
  2. Komunikasi antar direktur eksekutif. Contoh : komunikasi internal antara direktur eksekutif dan Negara anggota yang mewakili
  3. Dewan komite etika. Contoh : hasil pertemuan komite etika yang diperuntukkan bagi anggota dewan.
  4. Kerahasiaan informasi pengacara – klien. Contoh : komunikasi tertentu yang diberikan dan/ atau diterima oleh penasehat internal bank dunia.
  5. Informasi keamanan dan keselamatan. Contoh : pengaturan transportasi atau logistic sehubungan dengan pengiriman asset atau barang pribadi.
  6. Kebijakan terpisah tentang keterbukaan informasi darfi departemen lain. Contoh : independent evaluation group
  7. Informasi yang diberikan secara rahasia oleh pihak ketiga. Contoh : informasi keuangan, bisnis, informasi dasar tentang penilaian sektor keuangan
  8. Administrasi perkantoran. Contoh : laporan biaya pegawai, data pension dan tunjangan lainnya.
  9. Informasi deliberative adalah informasi yang disiapkan atau sedang dikomunikasikan. contoh : catatan konsep proyek / program, memoranda presiden, tinjauan bisnis triwulan. ( informas deliberative dapat dibuka untuk public bila pihak bank dunia dank lien setuju)
  10. Informasi keuangan. Contoh : detail transaksi pinjaman, kredit atau dana perwalian, jumlah pinjaman kadaluarsa.

Bank dunia memiliki hak prerogratif dalam menutup dan membuka akses data. Beberapa alasan bank dunia mengakses data tersebut antara lain :

  1. Menghargai kerahasiaan klien, pemegang saham, pegawai dan pihak lain
  2. Menjamin kejujuran dalam bertukar pendapat dan pandangan
  3. Mencegah terjadinya kerugian dari pihak tertentu.

Jenis informasi yang dapat diakses secara terbuka pada bank dunia :

  1. Document & reports (http://www.worldbank.org/documents)
  2. Projects & programs (http://www.worldbank.org/projects)
  3. Result (http://www.worldbank.org/results)
  4. Development data (http://www.data.worldbank.org)

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai bank dunia dapat diakses melalui http://www.worldbank.org . selain itu bank dunia juga berperan dalam menambah pengetahuan dengan mendirikan IDIS di Indonesia yang berada di Jakarta dan Surabaya. Untuk memperoleh hibah IDIS harus memiliki ruang perpustakaan dan staf pengelola perpustakaan dengan pendidikan ilmu perpustakaan

*Materi ini disampaikan pada seminar sosialisasi kebijakan bank dunia dalam akses informasi dan akses data di ITS tanggal 21 Desember 2010.

~ by charismasatriyo86 on 17 January 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: