KONDISI LIMA TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DI TANGERANG DAN BANDUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT


Nur listiawati
Pusat penelitian dan kebijakan inovasi pendidikan

penelitian ini menggambarkan kondisi lima taman bacaan masyarakat (TBM) dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data tentang sejarah berdirinya, fasilitas, manajemen dan jaringan TBM tersebut. Studi ini bersifat kualitatif dengan tujuan situasi sosial yang memiliki tiga unsur yaitu tempat, pelaku dan kegiatan.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3 TBM didirikan atas inisiatif masyarakat dan 2 TBM didirikan atas instruksi pemerintah yang dilakukan oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang dicetuskan oleh Dirjen Pendidikan Luar Sekolah. TBM yang didirikan oleh Inisiatif masyarakat bekerja keras untuk membangun jaringan dengan berbagai pihak agar TBM tersebut dapat berkembang. Sedangkan TBM yang didirikan Oleh PKBM tergantung pada kreativitas para manager. Saran dalam penelitian yaitu meningkatkan kualitas manajemen TBM termasuk organsasi dan program.

OPTIMALISASI KOMPETENSI MORAL NAK USIA DINI

Masganti Sit
Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kompetensi moral anak usia dini melalui pembelajaran terpadu berbasis moral. Penelitian dilakukan di taman kanak – kanak tri karya dan taman kanak – kanak nusa indah di medan pada tahun 2008 dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang anak. Penelitian tindakan ini menggunakan model dari kemmis dan taggart. Model ini telah dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus memiliki empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Analisa data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu berbasis moral melibatkan berbagai aktivitas, media dan metode. Terdapat perbedaan antara tes awal dan tes akhir kompetensi moral anak usia dini. Untuk menerapkan pembelajaran terpadu berbasis moral disarankan kepada guru, pengelola pendidikan anak usia dini, peneliti dan pemerintah untuk merencanakan, melaksanakan, mengembangkan dan mendukung model pembelajaran terpadu berbasis moral.

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI SERTIFIKASI

Ade Cahyana
Pusat Statistik Pendidikan, Balitbang Kemendiknas

Sertifikasi guru dinilai sebagai salah satu kebijakan reformasi pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Keluarnya Undang – Undang Nomor 14/2006 tentang guru dan dosen adalah merupakan tonggak sejarah tentang bagaimana guru dan dosen diakui sejajar sebagai pekerja profesi sebagaimana pula dokter, insinyur, atau profesi lainnya. Hal ini akan mengubah opini public terhadap guru semakin positif, selain juga akan meningkatkan kepercayaan diri mereka, juga akan menarik minat orang – orang yang potensial dan berkualitas untuk menjadi guru, serta mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berwibawa. Berdasarkan elaborasi aspek – aspek profesi guru, sangat disarankan bahwa peningkatan kemampuan professional guru merupakan kegiatan yang terintgrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah, satu sisi mampu meningkatkan kualitas mengajar mereka sebagai guru, disisi lain dapat memberikan peluang bagi mereka meningkatkan kemampuan professional sekaligus menambah kredit akumulatif mereka untuk kepentingan sertifikasi.

judul lain :

  1. Implementasi KTSP Dalam Pembelajaran IPA SMP Oleh Sumiyati
  2. Problem Based Instruction sebagai alternative model pembelajaran fisika di SMA oleh Prayekti
  3. Fenomena Tari Kontemporer Dalam Karya Tari Mahasiswa Sendratasik UNP dan STSI Padang Panjang oleh Indrayuda

*dikutip dari Jurnal Pendidikan dan Kebidayaan vol 16 no 1 januari 2010, jurnal penelitian ini dapat diakses di perpustakaan kopertis wilayah VII Jawa Timur (http://www.perpustakaan.kopertis7.go.id)

~ by charismasatriyo86 on 17 January 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: